Jumat, 14 Juni 2013

Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)

KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM 
(STAI) TDM ANGKATAN XVIII TAHUN 2013

15-Juni- 2013 · oleh : Wewenki Sanusi
Pengenalan KPM.
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah kegiatan dalam bentuk pengabdian masyarakat. Di dalam KPM ini mahasiswa tinggal dan bekerja di desa dalam jangka waktu tertentu, yaitu selama 40 hari efektif, guna membantu masyarakan pedesaan dalam memecahkan masalah pembangunan, Sosial dan Agama. KPM sebagai pengganti KKN sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Nomor 09 Tahun 2001, adalah intrakulikuler, yaitu suatu kewajiban bagi seluruh mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo tanpa kecuali sebagai syarat menyelesaikan program sarjana.
Begitulah kiranya teman-teman Blogger yang imut dan bikin kangen. Bagaimana kabar teman semuanya, semoga selalu diberi kesehatan dan tetap dalam lindungan-Nya.  KPM inilah yang kali ini aku jadikan alasan untuk aku cuti ngeblog dan BeWe, cuti bukan karena malas tapi karena di tempat KPM tidak ada jaringan wefi maupun warnet,, hehe maklum pedesaan daerah pegunungan lagi, jaringan Hp ja lelet.   Oleh karena itu, ijinkan aku untuk berjabat tangan dengan semua teman-teman, teman KPM dan warga Blogger, mohon maaf lahir batin buat teman-teman, teman KPM dan teman Bloggerku yang baik hati dan ramah selalu.   #karena teman-temanku baik semua jadi ya pasti memaafkan. 
Tanggal 01- Mai 2013.
Pembekalan KPM yang bertempat di Aula STAI TDM. Sesuai dengan jadwal, pembekalan dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Acara pembekalan yang sangat mengesankan, yang walaupun suhu udaranya terasa panas dalam ruangan, ya dikarenakan masih kurangnya sarana fasilitas tempat. Namun Alhamdulillah walaupun kedaan sedikit membosankan tapi luar biasa semangatnya kami yang dimotivasikan oleh dosen-dosen kita, apalagi Abi ketua STAI Dr. Samsuar. M.Ag, yang murah tersenyum.  Acara pembekalan yang dilanjutkan dengan pembagian tempat untuk KPM berjalan lancar tanpa hambatan. 
KPM yang diadakan pada bulan Mei akan ditempatkan pada 3 kecamatan yang ada  di Kabupaten Aceh Jaya, yaitu: Kecamatan Teunom, Kecamatan Pasi Raya dan Kecamatan Sama Tiga. Peserta yang mengikuti KPM bulan ini yaitu angkatan ke XVIII sekitar 240 an peserta sedangkan untuk pembagian kelompoknya yaitu berjumlah 8 peserta tiap kelompok, 12 desa dalam satu kecamatan. Semua Kecamatan tersebut diatas tentunya jauh dari tempat tinggalku yang berada di Kabupaten Aceh Barat. 
Suasana semakin tidak tenang, panas dan berisik, ketika ketua panitia membacakan tata tertib KPM dan pembagian tempat untuk KPM. Untuk tempatnya sudah bisa dilihat dan dibaca di papan pengumuman.   tanpa ikut desak-desakkan melihat ke papan pengumuman, aku menunggu disaat waktu tidak berdesak-desakan. Ketika waktu yang tepat saya melihat dari lembaran kelompok yang ditempel kelembaran yang lain akhirnya ketemu juga namaku dan nama-nama kawan  kelompok, jadi pas lihat KPM ku di dikecamatan Teunom desa Kubu, dan kemudian ada kawan lain yang bukan satu kelompok dia bertanyak sob kamu kenak daerah mana katanya,,,,,? Jawabku daerah kecamatan Teunom gampong Kubu sob, emmmm sapanya. Kemudian beberapa menit kemudian datang kawan satu kelompok, heheuu satu kelompok kita Wen tapi kita pedesaan paling jauh katanya, gimana kanda kita gantikan ja boleh...? ‘kata-kata kanda itu shi pada seniornya,, hehehe . kata saya tidak apa-apa sob kita jalani saja yang penting keihklasan.
Tanggal 02 Mai 2013
Pelepasan Peserta KPM Yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Aceh Barat dari pukul 08.00 sampai dengan Tepat pukul 10.00 pelepasan peserta KPM yang saat itu kami dalam keadaan mandi keringat, maklum cuaca panas.
Tok tok tok. . .Greng greng greng. . .berjalan pelan tapi ngebout bersama kawan-kawan dengan mengendarai motor bebek saya..sesampai di Kabupaten Aceh Jaya berpisahlah kami dalam tiga kecamatan, saya bersama kawan satu kecamatan berkumpul di Kantor Camat Teunom sekitar jam 12 lebih-kurang, sambil menunggu kepala desa tiap desa untuk datang ke kantor camat saya bersama kawan-kawan satu kelompok berbincang-bincang, dalam perbincangan dengan kawan-kawan dipilihlah saya sebagai ketua kelompok atau disebut Keucik KPM....he
Berselang waktu kemudian diminta kami dari perwakilan kelompok untuk duduk bersama dengan para undangan dan bpk Keucik Gampong dengan berbagai arahan dan bimbingan serta serah terima kami pada Kepala Desa pada tiap-tiap desa....
Tepat pukul sekitar jam dua sampailah kami dirumah bapak keucik didesa kami mengabdi pada saat itu badan terasa lemas karna perjalanan jauh naik gunung turun gunung yang cukup melelahkan, tibalah waktu istirahat. Pada malamnya kami berbincang dengan bapak keucik dan ibu keucik ya shi saling kenal mengenal gitu.
Pada paginya sambil dihidangkan segelas kopi saya berfikir yang  masih dalam keadaan kebingungan, maklumlah anak baru atau warga baru....  pada hari itu kami bermusyawarah dengan bapak keucik tentang tempat tinggal. sehingga dari hasil musyawarah, Kami terbagi dua tempat untuk cewek tinggal di rumah keucik sedangkan kami yang cowok bertempat tinggal disatu rumah yang telah disediakan oleh warga masyarakat gampong Kubu. Dengan rasa ucap terimakasih kami langsung bergegas untuk bersih-bersih.
Pada malamnya diadakan pertemuan dengan warga gampong bertempat di Meunasah gampong Kubu.  Kami disambut baik oleh  Bapak Kades beserta perangkatnya. 
Perkenalan dengan perangkat Desa dilanjutkan sambutan dari Bapak Kades Kubu. Beliau menyampaikan tentang keadaan penduduk Desa Kubu dan mayoritas beragama Islam. termasuk desa yang terpencil yang terbagi dalam dua Dusun yaitu: Dusun Singgah Mata dan Dusun Selamat. Kemudian dilanjutkan dengan sepata kata dari mahasiswa KPM .

Pada esok harinya pada tanggal 04 Mei 2013 kami mulai merancang program kerja dengan segala jenis kegiatan yang harus kami lakukan. Disitulah kehidupan perjalanan mahasiswa KPM dengan penuh rasa senang walupun pahit dirasakan dengan tenaga fisik dan ilmu pengetahuan yang disalurkan. Saya begitu semangat dan termasuk kawan-kawan saya karna masyarakat setempat begitu ramah dan baik..... hari demi hari kami melaksanakan segala jenis kegiatan dan pada malamnya kami tidak pernah lupa dengan adek-adek didesa Kubu yang membutuhkan kami dengan mengadakan pengajian di TPA ya walaupun kami capek pada siangnya dengan gotong royong dan jenis kegiatan lainnya...

Bagi saya sangat begitu bahagia dan saya anggap adalah desa saya sendiri, begitu semangatnya saya............ saya tidak pernah kesepian dengan adanya kawan-kawan kelompok dan begitu senang bersama dengan mereka dan selalu tersenyum canda tawa dan satu juga tidak pernah saya lupakan yaitu makan bersama dengan mereka.. terimakasih kawan-kawan yaaaa.... salam buat kalian semoga apa yang kita lakukan dengan kegiatan KPM di Ridhoi Allah SWT. Amin...

Kawan-kawan KPM maafin Wenki yaaaaa, aku pasti akan teringat selalu sama kalian dan selalu teringat senyuman kawan-kawan, karna jarang tentu kita akan bersama-sama seperti ini. Permintaan maaf lagi untuk teman-teman semua karena belum bisa berkunjung ke rumah teman-teman yang kangen dengan teman-teman dan kangen masakannya sepertia masa kita KPM untuk ingin mencicipi masakan yang sudah disediakan seperti kemaren-maren dulu.


KPM angkatan XVIII sampai dulu posting ini dan insyaAlloh 
nanti kita sambung lagi..........

Teman-teman maafin wenki yaaaaaaaa. . .?
Salam Eksis. . .
Salam Senyum? ^_*





 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar